Inilah 20 Cara Membersihkan Sisir Secara Rutin dengan Mudah

By | April 7, 2019

Cara Membersihkan Sisir Rambut – Apakah penting mengawasi kebersihan sisir yang kita gunakan? Tentunya penting, dong! Sisir yang digunakan keseharian bisa menjadi kotor sebab minyak alami rambut, belum juga bila kamu miliki permasalahan dengan ketombe, tentu ketombenya akan melekat di sisirmu.

Jika ingin mengawasi kebersihan rambut, keramas saja kurang. Kamu pula harus mengawasi kebersihan sisirmu. Upayakan tetap membersihkan sisirmu tiap-tiap keramas. Jadi, saat kamu menyisir sesudah keramas, sisir yang kamu gunakan telah dalam kondisi bersih.

Lalu, bagaimana sich langkah bersihkan sisir yang benar? Kami akan memberi kiat-kiatnya di sini. Let’s cek this out!

Cara Membersihkan Sisir

Sisir adalah alat untuk merapikan rambut. Memakai sisir yang kotor tentu akan membuat rambut yang disisir turut menjadi kotor. Jadi, kalau ingin menjaga kebersihan rambut, kamu wajib memperhatikan kebersihan sisir yang kamu pakai.

Ada beberapa bahan dan cara membersihkan sisir yang bisa kamu pakai. Semua cara ini sangat efektif membersihkan sisirmu.

1. Pakai Sabun Cair Pencuci Piring

Bahan pertama adalah sabun cair pencuci piring. Sabun ini diformulasikan dengan bahan yang mampu melunturkan minyak-minyak sisa makanan. Jadi, sudah pasti sabun ini juga mampu menghilangkan minyak rambut pada sisirmu.
  • Bersihkan Sisa Rambut di Sisir

Bersihkan Sisa Rambut di Sisir

Sebelum mulai mencuci sisir, buang semua rambut-rambut yang berada di sela-sela sisir. Biasanya rambut yang nyelip ini bisa diambil dengan tangan. Namun, kalau rambutnya membelit di sisir, uraikan dengan memakai tusuk gigi.

  • Siapkan Air Hangat dan Sabun Cair Pencuci Piring

Siapkan Air Hangat dan Sabun Cair Pencuci Piring

Selanjutnya, siapkan satu mangkok berisi air hangat. Kemudian, tuangkan 1 sendok teh sabun cair pencuci piring ke dalam mangkok tersebut. Aduk dengan sendok sampai airnya mengeluarkan busa lembut.

  • Rendam dan Gosok Sisir

Rendam dan Gosok Sisir

Langkah berikutnya adalah merendam sisir ke dalam larutan air dan sabun pencuci piring. Sambil direndam, gunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk menggosok sela-sela sisir. Gosok semua sela-sela sisir dan setiap sisi sisir untuk menghilangkan minyak alami rambut yang menempel.

  • Bilas dengan Air Hangat

Bilas dengan Air Hangat

Setelah selesai menggosok semua bagian sisir, bilas sisir dengan air hangat yang mengalir untuk membersihkan sisa-sisa busanya.

Apabila sisir sudah selesai dibersihkan, segera keringkan sisir dengan handuk. Kemudian, kamu bisa langsung memakai sisir yang sudah dicuci itu untuk menyisir rambutmu.

2. Pakai Shampo

Selain menggunakan sabun cair pencuci piring, kamu juga bisa membersihkan sisir dengan shampo yang kamu pakai sehari-hari, lho. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Ambil Rambut yang Menyelip di Sisir

Ambil Rambut yang Menyelip di Sisir

Terlepas jenis rambutmu adalah rambut rontok atau bukan, selalu ada saja beberapa helai rambut yang menyelip di sisir. Sebelum membersihkan sisir, ambil rambut-rambut yang menyelip di sela-sela sisir.

  • Basahi Sisir dengan Air

Basahi Sisir dengan Air

Basahi sisir yang akan dicuci untuk melunturkan kotoran atau minyak yang menempel. Jika ada kotoran yang menggumpal di sela-sela sisir, bersihkan dengan tusuk gigi.

  • Tuang Shampo dan Gosok Sisir

Tuang Shampo dan Gosok Sisir

Tuangkan 1-2 tetes shampo di atas sisir. Setelah itu, segera gosok sisir dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai sampai mengeluarkan busa. Gosok pada bagian sela, setiap sisi, dan batang sisinya.

  • Bilas Sampai Bersih

Bilas Sampai Bersih

 

Lanjutkan dengan membilas sisir tersebut dengan air. Pastikan tidak ada residu busa shampo yang masih tertinggal pada sisi kesayanganmu itu.

Manakah yang lebih bersih, mencuci sisir pakai sabun pencuci piring atau shampo? Keduanya sama-sama bersih kok. Bahkan, baik sabun cuci piring maupun shampo sama-sama bisa membersihkan minyak alami rambut yang menempel di sisir.

Cara Mensterilkan Sisir

Cara Mensterilkan Sisir

Sisir yang sudah lama tidak dicuci pasti sarat akan bakteri. Sesekali, kamu perlu melakukan sterilisasi pada sisir yang kamu pakai sehari-hari. Bagi kamu yang masih bingung cara mensterilkan sisir, silakan ikuti panduan dari Kami berikut ini.

Sebelum mensterilkan sisir, siapkan wadah berisi air bersih yang sudah dicampur dengan alkohol. Teteskan alkohol sedikit saja pada air tersebut. Selain alkohol, kamu bisa menggantinya dengan bahan yang lebih aman, yakni cuka apel.

  • Rendam Sisir
  • Masukkan bagian gigi sisir ke dalam wadah berisi larutan alkohol atau cuka apel. Biarkan kepala sisir terendam di dalam wadah selama 20 menit.
  • Untuk bagian pegangan sisir, lap dengan kain yang sudah dibasahi dengan alkohol. Pegangan sisir juga merupakan tempat bersarangnya kuman dan bakteri.
  • Bilas sisir dengan air bersih sambil disikat seluruh bagiannya menggunakan sikat gigi bekas.
  • Keringkan sisir dengan handuk bersih. Sisir yang sudah disterilkan bisa langsung dipakai.

Kamu bisa melakukan sterilisasi ini setelah atau sebelum mencuci sisirmu. Lakukan sterilisasi setidaknya satu bulan sekali. Cara ini akan menjaga kebersihan sisirmu dari kuman dan bakteri.

Tips Membersihkan Sisir Secara Tepat

Sisir merupakan benda yang selalu kita pakai setiap hari. Benda sederhana inilah yang membantu kita untuk merapikan rambut. Namun, untuk menjaga kebersihan rambut, kita juga perlu membersihkan sisir secara rutin. Berikut ini Kami akan berbagi tips membersihkan sisir secara tepat.

  • Sisir Pomade Harus Dicuci Setelah Pakai

Sisir Pomade Harus Dicuci Setelah Pakai

Bagi kamu yang sering mengenakan pomade, kamu wajib mencuci sisirmu setelah dipakai. Residu pomade pasti akan melekat pada sisirmu. Agar sisir tidak menjadi lengket, segera cuci sisir setelah dipakai. Pencucian sisir pomade bisa dilakukan dengan menggunakan shampo atau sabun cair pencuci piring.

  • Keringkan Sisir Kayu Setelah Dicuci

Keringkan Sisir Kayu Setelah Dicuci

Ada berbagai material yang dipakai untuk membuat sisir. Dua jenis material sisir yang paling populer adalah plastik dan kayu. Kalau kamu mencuci sisir kayumu, segera keringkan dengan handuk setelah dicuci. Jangan simpan sisir kayu dalam kondisi basah. Sebaiknya, angin-anginkan saja dulu sisir kayu tersebut.

  • Selalu Mencuci Sisir Setelah Keramas

Selalu Mencuci Sisir Setelah Keramas

Pastikan kamu selalu mencuci sisirmu setelah keramas. Tak peduli seberapa sering frekuensi keramasmu, kamu wajib membersihkan sisir setelah mencuci rambut. Mengapa? Hal ini dilakukan agar sisir yang kamu pakai selalu dalam kondisi bersih ketika menyisir rambutmu yang juga sudah dicuci.

  • Bersihkan Sela-sela Gigi Sisir

Bersihkan Sela-sela Gigi Sisir

Hal yang satu ini mungkin sering terlewatkan. Coba perhatikan di sela-sela gigi sisir, pasti ada gumpalan putih yang menyelip. Kotoran ini berasal dari debu dan minyak alami rambut. Biasanya kotoran ini tidak bisa hilang hanya dengan digosok pakai sikat gigi.

Bersihkan sela-sela gigi sisirmu menggunakan jarum atau tusuk gigi. Setelah sela-sela sisir berhasil dibersihkan, lanjutkan dengan mencuci sisirmu pakai shampo atau sabun pencuci piring.

Inilah beragam panduan membersihkan sisir yang bisa langsung kamu praktekkan. Ingat, menjaga kebersihan sisir sama dengan melakukan usaha untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala.