Penyebab Kebotakan Pada Rambut di Usia Muda

By | September 15, 2015

Rambut adalah mahkota tidak cuma untuk wanita saja, begitupun dengan golongan laki-laki, tetapi mahkota golongan laki-laki tidak akan dapat kelihatan enak di pandang bila mengalami kebotakan. Kebotakan umumnya berlangsung untuk umur yang telah tua atau kurang lebih umur 40 tahunan, tetapi saat ini banyak golongan muda dengan rentang umur 20-an yang telah mengalami kebotakan, kebotakan di anggap beberapa golongan laki-laki dapat menurunkan percaya diri.

Penyebab Kebotakan Pada Rambut di Usia Muda

Rambut rontok dapat disebutkan normal bila pada 50-100 helai rambut /hari, rambut rontok yang serius atau alopecia yaitu sinyal bahwa ada suatu hal yang salah dengan tubuh.

Selanjutnya berapa penyebab kebotakan terlihat di umur muda :

  • Stress
    Stres dapat menjadi penyebab kebotakan laki-laki di umur muda, stres kritis dapat mengacaukan juga mengakibatkan tidak seimbangan pada hormon-hormon yang menyebabkan penipisan rambut.
  • Kekurangan nutrisi
    Kurang konsumsi protein membuat badan menyimpan protein yang ada untuk kepentingan lain hingga membuat rambut kehilangan nutrisinya dan menjadi penyebab kebotakan. Nutrisi sangatlah utama untuk perkembangan rambut, interaksi pada makanan serta rambut cukup simpel. Rambut terbagi dalam protein yang dimaksud keratin, hingga sangatlah utama memasukkan protein yang cukup dalam menu makan keseharian.
  • Tanda-tanda Penyakit
    Kebotakan dapat berlangsung dikarenakan tanda-tanda satu penyakit, ALS yaitu penyakit pada beberapa sel saraf di otak serta sumsum tulang belakang yang mengontrol gerakan otot.
  • Merokok
    Nikotin yang terdapat dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah, jadi mengurangi perkembangan rambut serta mengurangi nutrisi untuk rambut.
  • Minuman beralkohol
    Alkohol dapat menyerap zat besi di pada badan serta menghalangi penyerapan zinc. Alkohol juga mengakibatkan dehidrasi serta menghambat badan menyerap nutrisi utama. Dikarenakan seperempat rambut memiliki kandungan air, alkohol yang terlalu berlebih dapat senantiasa membuatnya rapuh.

Pencegahan :

  • Ketahui terlebih dulu apakah mempunyai bakat untuk mengalami botak, diluar itu adakah aspek luar yang dapat membuat kemungkinan menjadi botak.
  • Dalam lakukan manipulasi pada rambut sebaiknya janganlah semena-mena, tujuannya janganlah terus-terusan lakukan tarikan yang terlampau keras (sasakan), jepit atau ikat rambut yang terlampau kencang, pengeritingan atau pengeringan rambut dengan hair dryer dan seterusnya.
  • Perawatan rambut yang teratur serta dengan produk yang pas, semisal shampoo, conditioner, creambath, hair tonic, hair spa.
  • Nutrisi sangatlah utama dalam mendukung rambut sehat, sebagian salah satunya yaitu zat besi, vitamin B1, asam PanAminoBenzolac (PABA), kalsium D pantotenat (provitamin B5), asam folat serta zinc.